New

Selasa, 18 Januari 2011

Masalah Kemiskinan Sosial yang ada Di Indonesia


Kemiskinan di Indonesia sebenarnya sudah menjadi masalah sosial yang sudah lama sejak awal pemerintah Indonesia yang harus segera dituntaskan walaupun hanya sedikit demi sedikit mulai tahun 2011 pemerintah telah berjanji untuk menurunkan tingkat Kemiskinan yang ada di negeri sesuai kutipan dari
( http://antaranews.com/berita/1293606112/menko-kesra-angka-kemiskinan-harus-turun-pada-2011)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono, mengatakan bahwa pemerintah menargetkan angka kemiskinan harus turun pada 2011.

"Jika tahun 2010 angka kemiskinan sebesar 13,3 persen, maka pada tahun 12 ditargetkan menurun sebanyak satu persen atau lebih menjadi sekitar 12 persen atau bahkan di bawah itu," ujarnya saat memaparkan "Refleksi Menko Kesra 2010" di Jakarta, Rabu.

Agung menjelaskan, jumlah penduduk Indonesia yang berada pada garis kemiskinan terus mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2004 sebesar 16,7 persen pada tahun 2005 15,97 persen dan pada tahun 2009 14,1 persen.

"Sedangkan, pada Maret 2010 menjadi 13,3 persen persen, dan jumlah ini harus terus diturunkan pada 2011 dan tahun-tahun selanjutnya," katanya.

Dia menjelaskan, pada tahun 2014 pemerintah juga menargetkan angka kemiskinan turun menjadi delapan hingga sepuluh persen.

Selain itu, dia juga menyebutkan, sejak sepuluh tahun terakhir rata-rata penurunan angka kemiskinan di Indonesia adalah 0,6 persen.

"Menurut Bank Dunia penurunan rata-rata 0,1 tahun atau lebih sudah bagus, sehingga rata-rata penurunan angka kemiskinan di Indonesia sudah baik jika mengacu pada penilaian Bank Dunia," katanya.

Untuk mencapai target penurunan angka kemiskinan, pemerintah akan terus melanjutkan berbagai program penanggulangan yang selama ini telah berjalan.

Program tersebut diantaranya beras miskin (raskin), jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas), program keluarga harapan, bantuan operasional sekolah (BOS) serta bantuan dan perlindungan sosial.

Selain itu, pemerintah juga akan terus mengoptimalkan program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri (PNPM) dan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).

Agung menegaskan, sepanjang tahun 2010 pihaknya telah cukup sukses menjalankan berbagai program penanggulangan kemiskinan sehingga pada tahun 2011 serta selanjutnya target pemerintah akan dapat tercapai.

Dengan perhatian EXTRA dari pemerintah tingkat Kemiskinan bisa saja menurun. Semoga saja pemerintahan bisa mengubah kemiskinan menjadi kemakmuran yang akan dirasakan rakyat seluruh Negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar